Wednesday, July 27, 2016

Nice Short Trip in Cirebon

Pengen nulis pengalaman pertama kali ngebolang ke Cirebon kemaren itu *teteup siy  kejadiannya udah kapan eh baru ditulis sekarang ;p*. Jadi ceritanya pas long weekend bulan Maret kemaren itu, aku bener2 lupa buat beli tiket mudik ke Semarang otomatis pas nyari2 tiket kereta udah pada abiz deh :'(. Akhirnya kepikiran mau ngebolang kemana ya, soalnya kalo cuman mager doank di kos ama si anak lucu koq berasa gimana gitu...ehehe. Tadinya sempet kepikiran mau ke Bandung tapi ngebayangin macetnya udah males duluan deh dan tiba2 keinget salah satu kota yg ga terlalu jauh dari Jakarta yaitu....Cirebon!!!

Dulu pernah denk sekali maen ke Cirebon tapi pas ada urusan keluarga, jadi ga sempet eksplor kotanya apalagi wisata kulinernya. Ceki2 tiket kereta ke Cirebon murce2 ya bok *ya iyalah orang deket ini* dan akhirnya eksekusi deh buat beli tiket PP-nya. Dari hasil browsing2, yg bisa dilakukan di Cirebon ini adalah......makaaaaaaaan!!!hahaa. Ada siy beberapa tempat wisata yang bisa didatengin tapi karna ga bawa mobil pribadi plus males juga mau nyewa mobil akhirnya mengandalkan tempat yg bisa didatengin naek angkot en becak aja....hehe

temen emak ngebolang *kiss*
Waktu itu kita nyampe Cirebon sekitar jam 10 pagi. Dari stasiun Cirebon kita naek becak (ongkosnya 50K udah plus abangnya nungguin kita makan dulu) buat menuju ke hotelnya etapi sebelumnya aku minta tolong sama abang becaknya buat nganterin ke Nasi Jamblang Ibu Nur yg katanya ga terlalu jauh dari stasiun ini. Sebenernya kalo untuk nasi jamblang yang lebih enak katanya ada di deket pelabuhan, cuman dari hasil gugling kalo aga siang dikit udah pada abiz lauknya. Tapi buat aku sendiri Nasi Jamblang Ibu Nur ini udah enaaaak bangeet *apa karna efek kelaperan juga ya :p*. Jadi nasi jamblang ini semacam nasi kucing *porsi dikit* yang dibungkus daun jati. Di warung makan ini ada berbagai macam lauk yang bisa dipilih en waktu itu aku nyobain salah satu menu yg banyak direkomendasiin yaitu pepes telur asin en totally endeeeeussss cyiiin *lap iler*. Kalo si anak lucu waktu itu cuman aku pesenin telor dadar aja karna lauk2 yg laen rata2 pedes yak, jadi takut doi ga doyan. Oya walopun masih aga pagi tapi ternyata udah rame ajah ne warung makan tapi masih pewe lah...

belum jam maksi tapi udah rame

masih pewe lah buat maksi rame2

porsi maksi kepagian kita kala itu
Puas dengan menu maksi imut pagi menjelang siang ini, kita pun melanjutkan perjalanan ke Hotel Asri yang ada di Jl. Karang Getas No. 25-27, Cirebon. Hotel ini letaknya sebelahan persis sama Toserba Asia so buat cari cemilan or kebutuhan2 lainnya tinggal melipir ajah. Waktu kita nginep disana pas dapet harga 328,5K per malem *murce kan bok*. Dan yang bikin hepi lagi, untuk ukuran hotel bintang 3, fasilitas di hotel ini lumayan lengkap iho coz ada kolam renang dan indoor pulaak *aaah emak hepi deh kalo bisa berenang ga bikin gosong ;p*. Ukuran kamarnya pun lumayan luas plus breakfast yang lumayan enak karna ada taman kecil yang bikin asri kayak nama hotel ini. Eniwei makasi ya buat seseorang di luar sana yang udah kasih rekomendasi hotel ini *brasa lagi kirim2an salam lewat radio ya...haha*. Ini dia beberapa poto kita waktu lagi nginep di sono....cekidot deh....

kasurnya gede cuman buat berdua ajah
ruangan kamarnya luassss
selfie on the mirror

aku sukak kolam renang indoor..yeayyy

kolam renang anak kicik juga ada
Abiz leyeh2 bentar di hotel saatnya melanjutkan petualangan berikutnya. Rencananya siy pengen ke Batik Trusmi buat belanja liat2 koleksi batik yg ada disana. Katanya motif batik Cirebon itu cerah ceria segar merona#halaaaah....haha. Jadi dari hotel tempat kita nginep tuh tinggal nyebrang aja rus naek angkot GP (Gunung Sari-Plered). Perjalanannya lumayan lama niy, ditambah sopir angkot kita sempet lupa kalo ada yg mau turun di  Batik Trusmi so kita sempet ngikut angkotnya sampai ujung antah berantah. Aku sempet curiga koq lama banget ga nyampe2 tapi aku pikir emang jaraknya jauh etapi begitu nyampe pemberhentian terakhir si sopir baru inget harusnya kita turun kurleb 15 menit sebelumnya.....huaaaa pukul2 manja ne sopirnya...udah sempet takut juga itu di daerah mana, ga tahu sama sekali. Tapi untungnya sopirnya baik coz bantuin kita nyebrang en nyari angkot yang ke arah Trusmi lagi *ga jadi pukul2 manja deh#eh*. Dari pinggir jalan raya kita naek becak dengan ongkos 10K buat masuk ke dalam area Batik Trusmi itu. Di sepanjang jalan banyak butik2 atau toko2 yg jual batik beraneka ragam. Sama abang becaknya kita dianterin ke salah satu toko yang lumayan gede en ga jual batik aja tapi segala macem oleh2 khas Cirebon juga ada. Dan emang bener ya batik Cirebon itu cakep2 motifnya coz sempet kalap beli beberapa baju batik buat handai taulan *kekep dompet*...hahaha

tuh naek angkotnya dari sono
mari kita mulai petualangan angkot siang ini *sempet2nya moto :D*
Selese cuci mata liat batik2 yang keren, aku en si anak lucu pun capcuss buat ke hotel lagi. Untungnya naek angkot kali ini ga pake nyasar karena angkotnya turun persis di depan hotel *faktor lain yang bikin hotel Asri ini jadi paporit di Cirebon esp kalo ga bawa mobil pribadi*. Sampai di hotel, kita *especially emaknya siy* udah ga sabar pengen nyobain berenang di kolam indoor-nya apalagi abiz panas2an gitu *teteup siy ngadem dulu bentar biar muka ga rusak cyiiin*, ide nyebur ke kolam terdengar sangat brilian....hehee. Dan tepat sekali pilihan sore ini karna nyebur ke kolam renangnya bener2 bikin kita refresh dan kerasa seger banget. Si anak lucu pun diajakin udahan bolak balik bilang ga mau, tapi akhirnya dengan teknik penyeretan *kejam banget ya kesannya ;p* si anak lucu  berhasil dipisahkan dari kolam renang....hahaha

muka seger abiz panas2an trus nyemplung
Abiz puter2 en berenang yang lumayan lama ternyata bikin perut mulai keroncongan tapi liat jam masih sekitar jam 5 sore, agak galau juga mau early dinner apa engga. Ah tapi akhirnya memutuskan buat keluar cari makan malem aja daripada cacing di perut berubah jadi naga...hehee. Dari list wiskul yang ada, kita pun pengen nyobain Seafood H. Moel yang setelah dicek lokasinya ternyata ga bergitu jauh dari hotel kita dan bisa ditempuh dengan jalan kaki *yeayyy*. Dari hasil browsing2 sebelumnya yg direkomendasiin di resto ini tuh Udang Bakar Manis Pedas dan emang rasanya enaaak *aku sukaaaaa*. Sebenernya menu Kepiting Hot Lady juga katanya paporit disini cuman daku sudah tak sanggup nambah makan lagi akhirnya skip nyobain itu. Dari catatan pengeluaran waktu itu *iyess emang perhitungan, jadi jalan ama anak sendiri juga dicatet ;p* diketahui bahwa kita ngeluarin duit sekitar 123K buat dinner di Seafood H. Moel ini *sama nambah bakmi goreng en es teh manis*...so ga terlalu mahal juga kan kalo liat porsi udang bakar-nya...hehe

udang bakar-nya enaaaaaaak
Perut kenyang saatnya melanjutkan jalan2 keliling Cirebon lagi. Kali ini mau jalan2 santai  so kita melipir ke emol ajah....hahaha....ini mah ga ada bedanya sama di Jakarta yak...hehe. Dari hasil nanya2 ke orang katanya naek angkot sekali (ongkosnya 4K/orang) dari depan hotel Asri bisa nyampe deh ke CSB Mall *jangan tanya angkot nomer berapa, saia lupa ;p*. Di CSB Mall ini yah cuman sekedar window shopping ajah etapi sempet tergoda beli sepatu keds denk gegara lagi ada diskon yg lumayan tapi kemudian inget koper yg udah penuh sama belanjaan di Batik Trusmi...hahaha...akhirnya ga jadi beli en dompet aman deh. Si anak lucu lumayan puas niy maen disini karna di salah satu toko mainan ada track mobil hot wheels yg bikin doi betah maen ampe lama *tinggal emaknya yg bosen, udah pengen liat lipen dan teman2nya :D* bahkan doi sampe dapet kenalan anak2 yg lebih tua umurnya dari dia en maen bareng...hehe. Tapi akhirnya si anak lucu mau juga diajak pulang coz udah mulai malem juga dan ternyata di luar lagi ujan deres. Untungnya ada abang becak yang siap sedia payung dan becak buat nganter kita pulang ke hotel (ongkosnya 20K). Aaah hati saia rasanya syahdu2 gimana gitu, coz di tengah hujan gerimis di dalem becak, ditemanin si anak lucu yang senyum manisnya ga pernah luntur dari wajahnya *ya ampuun nak, maen gratis gitu ajah udah hepi berat...nanti yak kalo kita udah ga ngekos, emak beliin track hot wheels-nya...amiiin*

maen ginian ajah, anaknya udah hepi beraaat
momen syahdu waktu itu ;')

when he is sleeping...so peaceful...
Paginya pas bangun tuh rasanya seger banget, coz perut kenyang dan hati syenaaang. Si anak lucu udah ribut ngajakin berenang cuman #emakgalak ini ga ngebolehin kalo ga sarapan dulu *sebenernya karna sendirinya juga uda laper siy*...hehe. And as I said before, untuk ukuran hotel bintang 3, sarapannya lumayan memanjakan lidah, etapi emang sengaja ga mau kenyang2 dulu makannya karna tar masih ada 1 list wiskul yang musti didatengin sebelum pulang.

sumpaaah, ini cuman pose doank bukan marah beneran....haha

sukak interiornya ;)

pilihan cereal mayan buat si anak lucu

egg station so pasti ada

banyak pilihan lainnya

adem yak suasananya
Kereta balik ke Jakarta yang kita ambil hari ini sekitar jam 1 siang, emang siy aga nanggung karna jadi ga sempet eksplor ke Keraton Cirebon. Cuman udah lumayanlah buat nyicipin beberapa wiskul yang ada di Cirebon ini. Setelah selese berenang en beres2 trus kita lanjut check out dari hotel, lagi2 dengan menggunakan becak (ongkosnya 30K), kita mau early lunch dulu di Empal Gentong Bu Darma yang ada di jl Slamet Riyadi (Krucuk) nomor 1, sebelum lanjut ke stasiun. Abang becak-nya baek, mau nungguin kita makan dulu sebelum lanjut ke stasiun. Empal Gentong Bu Darma ini rasanya emang enaaaak dengan bumbu yg pas di lidah, duh kuliner di Cirebon ini emang yahud2 yak *siap2 menggendut abiz weekend getaway ini*. Waktu itu kita abiz sekitar 37K buat empal gentong dan teman2nya.

penampakan empal gentong endeuss
Kelar maksi kecepetan (lagi) kita pun siap balik ke stasiun pake becak (lagi). Oya soal becak di Cirebon ini, saia salut sekaligus ngeri dengan keberanian2 abang becaknya karna rata2 lewatnya pada lawan arah dan pada cuek aja tuh...nah kita yg duduk di depannya kan aga2 ngeri2 sedep ya liat jalan berasa mau tabrakan ama mobil ato motor...hahaha...tapi entah karna emang udah canggih ato para pengguna jalan disana udah pada maklum ama kelakuan tukang becak so ga ada tuh bunyi klakson saut2an...hehe

...and time to say goodbye..makasi iho Cirebon  udah ngasi saia en anak saia pengalaman makan2 enak plus wisata angkot en wisata becak...haha...see you next time :)))