Monday, October 6, 2014

Liburan Dadakan >> Kyai Langgeng, Magelang en Goa Pindul, Gunung Kidul, Yogyakarta

Kalo biasanya liburan kita selalu well-planned *tsaah bahasanya* dari jauh2 hari, tidak demikian dg liburan singkat beberapa waktu yg lalu tepatnya waktu libur lebaran. Jadi emang tradisi lebaran di keluarga kita itu ga butuh waktu lama, paling 2 hari aja uda cukup buat ngider ke sodara2 so pas libur lebaran kemaren ada waktu yg lumayan lama buat liburan bareng keluarga besar, kita manfaatkan deh.

Pilihan yg gampang buat liburan kala itu adalah ke Jogja karna kalo dari jarak siy ga terlalu jauh dari Semarang tapi emang uda musti siap nanggung resiko macet berlebih ya, namanya juga libur lebaran pasti pada pengen refreshing semua. Karna kita baru prepare-nya H-1 sebelum pergi so nyari hotel di Jogja waktu itu uda susah banget coz rombongan kita ada  sekitar 10 orang lebih en butuh sekitar 5 kamar, akhirnya pilih model Guest House aja coz paling cuma numpang tidur. Waktu nyari di tiket.com ada tuh namanya EMDI Guest House Seturan, liat kamarnya siy lumayan oke dengan harga ga terlalu mahal yaitu sekitar 350K/malam tapi ada sedikit tragedi ama penginapan ini niy *cerita menyusul yak*.

Oya sebelum ke Jogja, kita mampir maen dulu ke Magelang, tadinya uda kepikiran apa mau nginep lagi di hotel Puri Asri kayak taon kemaren tapi sayang mereka uda ga ada kamar yg tersedia. Akhirnya kita melipir buat maen ke Taman Kyai Langgeng aja deh. Terakhir kali aku maen kesini tu kalo ga salah pas SD or SMP gitu, pokoknya uda lamaaaaaa banget...hehehe...semacam nostalgila juga. HTM-nya kemaren itu 25K per orang, tapi anak di bawah 3 tahun masih free. Harga tiket itu uda termasuk maen di beberapa wahana tapi ya gitu deh, karna peak season jadi wahana yg gratisan pun antrinya naujubileeee so kita ga nyobain terlalu banyak mainan.

mejeng dulu lah ya

mejeng lagi yak
Pertama kali nyampe disini kita pun nyari tempat yg pewe buat gelar tiker en bongkar ransum makanan...hehehe....saatnya makan siang dulu. Setelah kenyang ngisi perut dengan berbagai perbekalan yg ada, saatnya meng-eksplor taman ini. Wahana yg pertama kali kita cobain tu komidi putar coz ga terlalu jauh dari tempat kita plus antriannya ga terlalu banyak, untung si anak lucu mau naik coz biasanya doi aga2 segen nyobain mainan kayak gini, mungkin karna ada kakak2 sepupunya jadinya mau ikut maen deh.

duo centil kaka caris en kak fira

selfie bersama mamita en si anak lucu
Dari wahana ini pun kita coba lanjut ke wahana2 yg laen, tapi seperti sudah bisa diduga..rame banget bok..tak sanggup lah kita nunggu antrian sepanjang itu, akhirnya cuma poto2 aja di sekitar area oya si krucil2 sempet poto ama badut2 yang ada di sekitar area en mereka pilih badutnya Masha and The Bear buat mejeng bareng...

si anak lucu mejeng disini ajah

paporitnya krucil2
wahana ini juga antriannya panjang benerrr
Kelar puter2 di sekeliling area Taman Kyai Langgeng ini plus uda ga panas lagi, siap2 bawa krucil2 buat nyemplung ke kolam renang yg ada disini. Tiket masuk kolam renang siy belum termasuk tiket terusan tadi ya etapi murah meriah cyiiinnn cuma 5 ribu perak aja...hahaha...tapi ya jangan dibayangin kolam renang yg oke punya lah ya, setidaknya buat maen basah2an krucil2 termasuk si anak lucu juga uda bikin mereka happy. Kita berenang disini ga terlalu lama coz sekitar jam 16.30 uda dikasi tau kalo kolam renangnya mau tutup, so cuma sempet nyemplungin si anak lucu bentar kudu capcus deh ampe si anak lucu jadi aga2 bete coz berenangnya cuma bentar...maap ya nak, besok kita cari kolam renang laen ajah...

Sekitar jam 5 sore kita pun siap melanjutkan perjalanan ke Jogja, sebenernya sempet tu poto bareng dulu sebelum meninggalkan Taman Kyai Langgeng ini, tapi entah dimana tu poto..hehehe

Perjalanan Magelang-Jogja yg biasanya kita tempuh sekitar 1,5 - 2 jam ini, pas libur lebaran kemaren "cuma" sekitar 5 jam T_T....beuuhhh lama banget kan, rencana mau dinner di Jejamuran bubar jalan deh coz akhirnya cuma sempet makan di rest area gara2 uda jam 20.00 tapi masih belum nyampe Jogja juga so demi kemaslahatan perut kita semua, mampir makan di tempat seadanya.

Ga cuma perjalanan panjang penuh rintangan *cuma maceeeet aja kaleee >.<*, drama  liburan ini masih berlanjut waktu kita uda mau nyampe penginapan karna ga terlalu ngerti daerahnya so kita telpon deh. Eh bukannya dapet arah tapi justru kita dapet info klo penginapannya uda full booked dunk, begitu aku kasi info bookingku lewat tiket.com ternyata ga ada di daftar mereka, langsung panik seketika...bo' itu uda jam 10 malem bawa krucil2 en ada bayi masih piyik gitu plus bawa orang tua juga, gimana ga kena serangan panik tuh klo dibilang kita ga bisa nginep di penginapan mereka padahal uda jelas2 kita dapet voucher penginapannya. Mulai deh emosi pake banget, telpon ke ke tiket.com buat konfirmasi eh ternyata kesalahan ada di EMDI Guest House Seturan, gara2 entah gimana pegawai mereka yg ngurusin booking online harusnya uda nutup jumlah kamar yg kosong begitu penginapannya uda ada yg booking secara langsung tapi karena sistemnya masih open so orang laen *dalam hal ini korbannya aku* masih bisa booking tu hotel. Untung pihak tiket.com masih kooperatif, mereka tetep bakal ganti uang kita yg uda ditransfer yah walopun musti nunggu sekitar 2 minggu lagi, tapi yg ga banget ya tu penginapan...siaul banget deh mereka, ga mau tanggung jawab sama sekali so buat kalian yg lagi ke Jogja, JANGAN PERNAH nginep di EMDI Guest House Seturan...catet ya itu *jadi esmosi lagi pas nulis ini*

Sempet pusing juga nyari2 hotel yg masih available apalagi rombongan kita lumayan banyak  jadi ya aga rempong nyari beberapa kamar yg masih kosong, belum lagi pas peak season kayak gitu harga hotel en penginapan juga lumayan melonjak eh tapi dasar rejeki anak soleh ya :D kita pun masih dapet penginapan yg kosong untuk 5 kamar yaitu di daerah belakang UPN *lupa nama hotelnya* harganya pun masih reasonable lah sekitar 250K or 300K gitu *lagi2 aga2 lupa :D*. Akhirnya sekitar jam 12 malem lebih baru deh kita bisa istirahat dulu....alhamdulillaaaaahhhh....

Esok harinya sekitar jam 8 pagi kita uda siap2 mau berpetualang ke daerah Gunung Kidul niy coz lagi banyak pantai yg oke disana en mau nyobain cave tubing di Goa Pindul. Walopun masih ngantuk en capek banget tapi kan bisa dilanjut boboknya di mobil kecuali buat para driver...hahaha *sungkem sama mas2 sopir ;p*. Oya sebelum menempuh perjalanan yg lumayan panjang lagi hari ini, kita sarapan dulu deh di KFC, isi perut full tank dulu..hehehe. Dan seperti perkiraan kita, perjalanan kali ini emang lumayan lama coz kita baru nyampe di destinasi pertama yaitu di Goa Pindul sekitar jam 1 siang *dan akhirnya cuma sempet maen kesini aja :(*

Dan seperti tempat rekreasi laen yg selalu penuh kala liburan, di Goa Pindul ini juga rame bangeeet. Untuk tiket masuknya sendiri bisa dilihat disini tapi karna kemaren kita pas lagi liburan so harganya juga naek, waktu itu kita pilih paket Caving Goa Pindul plus River Tubing Sungai Oya harganya 110K/orang, harga itu uda termasuk tiket masuk di playgound-nya *sayang kemaren ga sempet nyobain*. Oya untuk anak2 harganya beda karna mereka kan bisa dipangku ortu-nya tapi aga2 lupa berapa pastinya kayaknya siy separo harga deh...lumayan lah..

Nah, sebelum dipanggil grup kita buat menyusuri Goa Pindul tadi ada bale2 yg disediain buat leha2 dulu sambil nunggu antrian trus ada minuman jahe gratis juga yang bisa diambil. Pas giliran grup kita dipanggil, siap2 deh masing2 orang pake peralatan keamanan masing2, mamita en papita plus krucil2 en si anak lucu juga ngikut tuh..kecuali ponakanku yg masih bayi en emaknya ,musti jaga kandang dulu ya..hehehe. Ga afdol uda pake pakaian kayak ginian kalo ga poto2 dulu...hehhe...yuk mari mejeng dulu...

rombongan sirkus siap beraksi ;p
Oya sebenernya ada sepatu khusus yg disediain buat kegiatan ini tapi sayang karna pengunjungnya lagi membludak banget so stok sepatu yg ada ga mencukupi, terpaksa lah kita nyeker...lumayan sakit juga siy kalo pas kena batu2 di jalan coz buat menuju sungainya kita musti jalan kaki beberapa meter dulu. Kalo si anak lucu siy terpaksa ngorbanin sepatu H&M-nya *penting ne ditulis merek-nya...hahaha* soalnya doi lumayan berat ya bo' jadi pada ga rela gendong lama termasuk emaknya..hihihiii *pukpuk Nizam*.

Kalo biasanya nemu macet di jalanan ibukota, kali ini macet pun ditemui di jalan menuju sungai bahkan di sungai juga macet...oemjiii...Jadi di sekitar area Goa Pindul ini dikelola sama 4 pengelola yg ada so buat wisata caving Goa Pindul musti gantian masuknya antara keempat pengelola tadi dan tiap masuk untuk masing2 pengelola tadi bisa sekitar 50 orang...bisa dibayangkanlah betapa ramenya tu sungai...

nunggu antrian, mejeng lagi aja :)
Akhirnya nyampe juga giliran kita buat nyemplung pake ban2 yg gede, dan lagi2 belum bisa terlalu lancar jalannya coz masih lumayan rame juga. Seru juga siy nyobain wisata air kayak gini, si anak lucu tadinya sempet rewel tu tapi akhirnya dia bisa enjoy juga. Cekidot poto2 pas kita menyusuri Goa Pindul ini...

siap menyusuri sungai

say cheese from Goa Pindul
Abiz dari Goa Pindul, kita pun harus naik pick up dulu buat menuju Sungai Oya, objek wisata air selanjutnya. Tantangan banget naik pick up ini coz kita musti berdiri di atas pick up *ga cukup tempatnya kalo sambil duduk* dengan kondisi kaki yg aga basah so otomatis licin banget buat berdiri tegak di atas pick up plus jalanan yg aduhai ga ratanya apalagi aku sambil gendong si anak lucu....wah bolak balik uda mau jatuh deh...hehehe...tapi seruu siy. Nah begitu nyampe arah ke Sungai Oya ternyata kita musti jalan dulu beberapa meter dengan jalanan yg lagi2 kondisinya amat sangat menantang, uda jalannya turunan en licin pula...hadeeeh...alhamdulillah ga ada yg kepleset disini...hehehe. Saatnya menikmati Sungai Oya, disini kita sempet beberapa kali turun dari ban en berenang sambil terapung aja gitu coz pake pelampung di badan yg ngebantu banget, apalagi katanya kedalaman sungai-nya sampai 5 meter. Si anak lucu aja dengan happy nya minta "ngambang" terus..hahaha...giliran kita yg takut dia masuk angin klo kelamaan nyemplung. Overall, seru banget deh wisata air kita kali ini, penuh tantangan dan lumayan memacu adrenalin. Yeayyy, I love adrenalinnnnnn....

dari Goa Pindul siap lanjut ke Sungai Oya
Akhirnya sekitar jam 6 sore gitu *uda hampir maghrib lah* petualangan kita di dunia air berakhir sudah. Abiz bilas plus makan malem seadanya di warung sekitar, sekitar jam 7 malem kita siap balik ke Semarang dan perjalanan pulang kali ini ga kalah serunya coz jam 03.30 kita baru nyampe Semarang deh *lamanya emang pake banget nget nget*...huaahaa...remuk redam deh rasanya badan ini tapi selama hati hepi no problemo lah...hihihii. Kapan2 ya kita cobain liburan yg penuh adrenalin lagi :))