Friday, May 23, 2014

Koperpacker : Jelajah Malaysia Hari Pertama (18 Mei 2014)

Sebenernya baru balik dari liburan tadi malem trus ngantor di hari jumat ini...hemmm....emang aga maksa ne masuk kantor hari ini, tapi berhubung cuti daku ga terlalu banyak yauda deh ngantor ajah. Dan demi mengembalikan mood bekerja ke titik yg optimal, kita mulai dengan ngeblog dulu aja hasil liburan kemaren....hahaha#alesan.

Akhirnya liburan yg ditunggu-tunggu selama errr 8 bulan yg lalu *lama ya bok* terlaksana juga. Tergiur oleh promo AirAsia yg cukup dengan 5000 rebu rupiah per orang uda bisa ke luar negeri (akhirnya milih ke Malaysia aja coz Singapura uda pernah en klo ke Thailand masih aga worry kesasar banget...hahaha), tapi harga segitu belum sama tax en bagasi siy *nyadar diri bawa anak so pasti, kudu en harus beli bagasi, tu pampers en susu segambreng2 mau ditaro dimana :D*. Trus ceki-ceki tiket buat ke Johor Bahru dari Kuala Lumpur juga ada promo 0 rupiah, plus bagasi dan tax segala macem jadi RM 127 buat bertiga *kurs ringgit waktu itu sekitar 3570*, wah lumayan ne menghemat waktu buat nyampe kesana coz rata-rata perjalanan darat ke Johor Bahru bisa sekitar 4 jam walopun tiket bis-nya sebenernya lebih murah siy antara RM 31 - RM 40 tergantung terminal keberangkatannya di Kuala Lumpur.

Flight kita ke Kuala Lumpur tanggal 18 Mei 2014 kemaren tu jam 11.30, so sekitar jam 07.30 kita uda capcus ke Soetta Terminal 3 *AirAsia area*, aga kepagian siy coz cuma butuh waktu sekitar 45 menit uda nyampe bandara. Sambil nunggu check- in bagasi yg baru akan dibuka jam 9, narsis dulu lah sambil updet2 socmed mengabarkan kepada dunia kita mau liburan....hahaha *situ norak banget siy :D*

hello holiday :)


"mah, kita mau kemana siy??"
Alhamdulillah flight kita lancar tanpa delay dan 2 jam kemudian *waktu di KL lebih cepet 1 jam daripada di Jakarta* nyampe di KLIA2 , terminal bandara yang baru buat penerbangan AirAsia. Nah di awal liburan ini, kita uda dapet cobaan maha dahsyat *super lebay ga tu bahasanya :p*, entah gimana ya dari terminal kedatangan kita tu bisa nyasar ke terminal keberangkatan dan anehnya lagi petugas bandara disana tu juga bingung gimana mengarahkan kita biar bisa balik ke terminal kedatangan lagi, mungkin karna masih baru ya bandaranya. Akhirnya setelah puter2 ga tentu arah selama kurang lebih 2 jam *bisa dibayangkan betapa gempornya kaki saia* dan dibantuin petugas bandara plus pegawainya AirAsia nyampe juga deh kita ke tempat yg tepat buat ngurus immigrasi dan ngambil bagasi.

Cobaan kedua dateng lagi pas kita mau ambil bagasi, karena pesawat kita uda landing dari tadi so proses ngambil bagasi lumayan bikin kepala pening. Liat jalur conveyor segede dan sepanjang itu trus bagasi2 yg ada bercampur dari berbagai penerbangan, mulai ribet deh nyari bagasi en stroller si unyil. Akhirnya setelah putus asa nyari ga nemu2, kita minta tolong petugas AirAsia buat nyariin. Tadinya sempet diarahin buat liat sendiri di gudang belakang tempat koper dan segala macam barang berserakan, tapi teteup ga nemu juga so balik lagi deh ke petugas itu en finally dia bisa nemuin koper en stroller kita ada di pojokan deket conveyor#pyufh #lapkeringet.

Buat mempercepat waktu nyampe di tengah kota, akhirnya kita milih naik KLIA Ekspress aja yg jarak tempuhnya cuma sekitar 28 menit - 33 menit. Jadi dari KLIA2 ini kalo kita mau ke tengah kota, ada berbagai macam alat transportasi yg bisa digunakan. Mulai dari KLIA Ekspress (ada 2 pilihan yaitu KLIA Ekspress dan KLIA Transit) seharga RM 35 (adult) dan RM 15 (children), trus ada Skybus dan Aerobus yg tiketnya sekitar RM 10 dan ada pula taksi2 yg siap mengantar kemana aja. Oya kalo mau naek taksi, mending beli lewat kounter tiket taksi yg ada di bandara coz dijamin kita dapet taksi yg pake argo alias teksi bermeter namanya.

Dari terminal kedatangan menuju KLIA Ekspress Station tinggal ikuti papan yg ada di atas jalan keluar or kalo masih bingung juga kita bisa tanya ke orang2 yg bawa papan bertuliskan "Ask Me" yg ada di sepanjang jalan di bandara. Kayak gini penampakan di depan KLIA Ekspress...

KLIA Ekspress dan KLIA Transit
Bedanya KLIA Ekspress en KLIA Transit tu cuma stasiun pemberhentiaannya aja, klo KLIA Ekspress itu dari KLIA2 cuma berhenti di KLIA (buat penerbangan selain AirAsia) en stasiun KL Sentral, nah klo KLIA Transit ini berhenti di beberapa stasiun (KLIA2-KLIA-Salak Tinggi-Putrajaya/Cyberjaya-Bandar Tasik Selatan) dan stasiun terakhir sama seperti KLIA Ekspress yaitu di stasiun KL Sentral. Biasanya klo tujuan kita ke KL Sentral, pas beli tiket di loket bakal dikasi kereta yg uda stand by mau berangkat or kereta yg bakal berangkat duluan. Setelah itu kita bakal dapet kartu buat tapping sebelum  naek kereta, yah sama lah kayak kartu buat naek KRL di Jakarta, kayak gini niy....

harusnya si unyil ga usa dibeliin tiket, lha wong masuknya bisa digendong #gagalhemat
inside the train...nyaman
Sekitar 30 menit perjalanan, sampai juga deh di stasiun KL Sentral, stasiun paling canggih di KL soalnya berbagai macam alat transportasi ke berbagai penjuru di KL pasti melewati stasiun ini mulai dari KTM (Komuter), LRT, bis, taksi,dan lain-lain. Di KL ini ada berbagai macam penamaan kereta tapi sebenernya siy sama aja kayak KRL disini, oya disini ada juga Monorail tapi stasiunnya harus nyebrang dulu dari KL Sentral *cerita kebodohan saia menuju Monorail ini akan diceritakan di postingan terpisah :D*.

KL Sentral#1

KL Sentral#2

KL Sentral#3
Nyampe di KL Sentral ini, langsung nyari loket buat beli tiket bis ke Genting Highland buat besok pagi soalnya baca2 di blog banyak yg bilang better beli sehari sebelumnya biar bisa dapet tiket di jam keberangkatan yg dipengenin. Sempet muter2 juga nyari loket bis ini, ternyata tinggal cari jalan keluar yg menuju pemberhentian bis, trus turun deh lewat eskalator. Dari eskalator turun ini tinggal lurus aja sampai ujung tar nemu deh loket bis Go Genting. Waktu itu aku sekalian beli tiket bis en skyway (cable car) PP, harganya untuk sekali jalan RM 10.30 (adult) en RM 9.20 (children). 

arah ke loket bis Go Genting

loket bis Go Genting

tiket bis Go Genting
Setelah kelar beli tiket buat besok, saatnya mencari arah menuju hotel kita di hari pertama ini. Pas googling hotel2 yg ada di sekitar KL Sentral ini, nemu My Hotel yg direkomendasiin ama banyak orang, sebenernya My Hotel ini ada 3 lokasi hotel untuk area yg deket KL Sentral yaitu My Hotel@Sentral, My Hotel@KL Sentral ama My Hotel@Brickfield. Sebenernya yg paling deket itu My Hotel@Sentral cuma karena bedanya sekitar 100 ribuan lebih mahal dari My Hotel@KL Sentral, so daku pilih yg lebih murah ajah...hahaha#emak2irit. Ternyata ga terlalu jauh tu lokasi hotelnya dari KL Sentral Station yah walopun baru pas hari terakhir kita nemu jalan pintas yg bisa lebih cepet lagi :D. My Hotel ini termasuk budget hotel yg oke di sekitar KL Sentral dengan tarif RM 90 per malam.

Itin sore ini seharusnya kita ke Suria KLCC Mall buat ngeliat plus poto2 tentunya di Petronas Twin Tower, tapi insiden bandara tadi mematahkan semangat kita buat jalan lagi coz kaki rasanya uda mau copot ga sanggup jalan jauh lagi. Akhirnya setelah istirahat sebentar *mandi2 plus nempel koyo plus olesin counterpain* kita mutusin buat ke KL Sentral aja, cari makan malem disana. Lumayan nemu resto Chicken Rice di foodcourt-nya KL Sentral yg ada paket2 menu makanan komplit, seperti ini...

alhamdulillah gizi terpenuhi :p
Abiz makan malem balik hotel lagi deh buat istirahat dan jelajah Malaysia hari pertama pun cukup sampai disini, recharge energi dulu deh buat besok. Eh sempet mampir ke counter buat beli simcard dulu *demi eksistensi di dunia maya yg fana itu :D*, ada beberapa yg direkomendasiin siy yaitu Digi, TuneTalk, Maxis en Celcomm, akhirnya daku pilih yg Digi. Harga simcard Digi waktu itu RM 11 uda ada pulsanya RM 6, klo mau ngaktifin paket BB or internet tinggal tekan *116# trus ikuti panduan deh. Oya untuk beli simcard di KL ini, kita bakal dimintain pasport buat ngaktifin nomer kita sama si penjual itu, so aman deh nomer kita. Urusan hape kelar, lanjut balik lagi deh ke hotel. See you tomorrow....

-to be continued-





*Pengeluaran Hari Pertama:
1. Taksi ke bandara                                       Rp  100.000
2. Airport Tax di Soetta @Rp 150.000              Rp  450.000
3. Makan siang di pesawat                              Rp  104.000
4. Tiket KLIA Ekspress @RM 35 + RM 15             Rp  303.450
5. Makan malam RM 38.90                               Rp  138.873
6. Air Mineral @RM 1                                       Rp     7.140
7. Simcard DIGI @RM 11                                  Rp    39.270
8. Tiket bis Go Genting @RM 10.30 + RM 9.20    Rp  212.772
9. My Hotel@KL Sentral RM 90                          Rp  321.300
Total Pengeluaran  Rp 1.676.805    
(kurs ringgit waktu itu Rp 3570,-)                              

9 comments:

  1. HI mba nanya dong... untuk yang SImCard itu paket datanya berapaan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi..maap baru bls...
      aduh brp y???udah aga2 lupa tapi kayaknya ga terlalu mahal deh, masih bisa lah disisipin di budget kita...hehehe

      Delete
  2. Mbak, misal kita tiba di kl sentral, langsung beli tiket go genting hari itu juga apa bisa?

    ReplyDelete
  3. Mbak, misal kita tiba di kl sentral, langsung beli tiket go genting hari itu juga apa bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maap baru bls...Kalo bisanya siy bisa aja cuman takutnya ga bs dapet di jam yg kita pengen, ato bs juga keabisan esp kalo pas lagi rame kyk weekend gitu..

      Delete
  4. Beli sim card digi dimana ya mbak?di bandaranya ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agak2 lupa di bandara ada apa engga tapi kayaknya untuk bandara segede KLIA2 harusnya siy ada...kalo yg pasti ada siy di KL Sentral,cuman aku kemaren belinya siy di counter hape deket hotel di daerah KL Sentral

      Delete
  5. huaahh belum dapat tiket promo nihh :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantengin terus webnya AirAsia plus subscribe buat promo2nya...oya jgn lupa daftar jd anggota jg biasanya suka dpt privilege h-1 dari hari H promo drpd yg non anggota...silahkan berburu tiket promo :))

      Delete